About Manajemen UMM!





Sebelumnya, apakah kalian tau arti dari kata "Manajemen" sendiri? 

Definisi manajemen berasal dari kata "Manage" yang artinya mengelola/mengurus, mengendalikan, mengusahakan dan juga memimpin.
Jadi, manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Jurusan Manajemen sangat dibutuhkan untuk hampir seluruh perusahaan pada berbagai bidang perusahaan, seperti sektor swasta, hingga instansi pemerintah. Lulusan ini dibutuhkan untuk dapat mengelola suatu organisasi dengan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan serta dapat berkomunikasi secara efektif. Seorang manajer diharapkan dapat membagi peran dan tanggung jawab masing-masing anggota divisinya dengan baik. Jurusan Manajemen ini merupakan jurusan umum yang mempelajari semua bidang, seperti manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran. Jurusan ini juga tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga praktik yang akan diterapkan dalam program magang (internship).
Jika kamu ingin menjadi seorang manajer yang memiliki kualitas yang baik dan dapat membagi tugas anggotanya sesuai dengan divisinya maka kamu harus masuk jurusan ini. Karena di manajemen ini juga akan diajarkan bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik.
Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang adalah solusinya. Jurusan ini sudah terakreditasi A dan jurusan ini sudah diakui se-Asia Tenggara. Lulusan Program Studi Manajemen memiliki kemampuan pada proses pengambilan keputusan yang dapat disesuaikan dengan perubahan kondisi dan lingkungan sehingga berkompetensi dalam menjawab tantangan global dan mendapat berbagai peluang.
Kurikulum yang ada di Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang ini, fokus pada 4 konsentrasi, yaitu Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan. Pembelajaran di UMM ini difasilitasi oleh dosen-dosen lulusan S2 dan S3 yang berkompeten untuk membentuk pribadi mahasiswa yang berkualitas dan mampu bersaing secara global.
Jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship mahasiswa dibangun dengan adanya pelatihan, praktikum, dan pemangangan. Pelatihan dilakukan dengan mengundang pembicara yang ahli dalam bidang manajemen dan bisnis, serta motivasi diri, pasar modal dan kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan mahasiswa dibangun dengan menyelenggarakan berbagai macam diklat, praktikum, pendampingan dan pemagangan. Praktikum dilakukan dengan menganalisis masalah tentang Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan di Laboratorium Manajemen. Pemagangan diutamakan bagi mahasiswa semester akhir yang beriringan dengan tugas akhir (Skripsi). Tempat pemagangan bagi mahasiswa antara lain UMM Bookstore, Hotel Pendidikan UMM Inn, dan berbagai perusahaan yang menjadi mitra kerja UMM. Praktek kewirausahaan mahasiswa  dikembangkan melalui Young Management Enterpreneur (YME) dan Management English Community (MEC).

Itulah ulasan mengenai jurusan saya, jurusan Manajemen UMM. 
Terima Kasih. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulau Lombok, Serpihan Surga di Planet Bumi

The Story of Goldilocks and the Three Bears

Tokoh-tokoh Dalam film Doraemon